Situs Purbakala Online
Akhirat

Salah Siapa Kelaparan

Kelaparan

Semua orang pasti memahami dengan baik bahwa jika dalam waktu yang cukup lama perut tidak diisi dengan makanan maka yang sangat mungkin terjadi adalah lapar. Dan lapar yang dibiarkan secara berlarut-larut bisa kita sebut sebagai kelaparan.

Kelaparan merupakan kondisi tubuh yang membuat penderitanya mengalami beberapa reaksi pada area sekitar perut. Namun ternyata kelaparan juga dapat menyerang mental dan pikiran. Biasanya saat kelaparan pikiran menjadi kacau, berantakan, dan susah untuk berkonsentrasi. Tahap selanjutnya adalah timbulnya halusinasi kuliner sesaat. Penampakan-penampakan makanan bisa secara tiba-tiba muncul di hadapan kita. Lemas, lesu, lunglai seakan tidak dapat dihindari. Apakah kamu pernah kelaparan ?

Sebenarnya keleparan sendiri adalah hal yang manusiawi. Seringkali terjadi di sekitar kita. Namun jangan sekali-kali menyalahkan Tuhan saat kita kelaparan atau menyalahkan Tuhan ketika kita tidak bisa makan.

Menghina Tuhan tak perlu dengan umpatan dan membakar kitab-Nya. Khawatir besok kamu tak bisa makan saja itu sudah menghina Tuhan. (Sujiwo Tejo)

Saya sangat setuju dengan apa yang dikatakan oleh Sujiwo Tejo di atas. Tuhan itu kan Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Segalanya. Kalau kita tidak bisa makan kemungkinan besar itu karena kesalahan kita sendiri.

Lalu bagaimana dengan mereka orang-orang kurang beruntung yang pengasilannya tidak cukup untuk makan sehari-hari?. Yang telah berusaha sekuat tenaga mencari makan tapi tetap tidak bisa makan juga. Padahal kan mereka sudah berusaha tapi kok masih kelaparan. Biasanya sebelum akhirnya menyalahkan Tuhan, pihak pertama yang akan disalahkan adalah pemerintah. Kalau pemerintah yang disalahkan saya pikir tidak masalah. Pemerintah kan sejak dulu selalu disalahkan oleh rakyat. Jadi kalau pikiranmu kacau saat kelaparan dan tiba-tiba muncul keingingan untuk (harus) menyalahkan pihak lain maka salahkan saja pemerintah. Itu jauh lebih baik daripada menyalahkan Tuhan. Dosa..

Tapi kenapa Tuhan tidak boleh disalahkan ? Padahal kelaparan yang terjadi pada seseorang pasti juga merupakan Kuasa-Nya. Tuhan kan Maha Kuasa. Mungkin pertanyaan semacam itu akan muncul saat kita tidak diperbolehkan menyalahkan Tuhan. Jadi kenapa seperti itu? Kenapa tidak boleh menyalahkan Tuhan ?

Kelaparan yang terjadi memang jelas dan pasti merupakan kuasa-Nya. Tetapi perlu kita ingat Tuhan juga memerintahkan kita untuk saling membantu, saling berbagi, saling tolong-menolong dalam hal apapun termasuk tentunya tolong menolong soal perut. Naah, kalau perintah ini kita laksanakan saya yakin tidak akan ada lagi yang namanya kelaparan. Tuhan tentu bisa saja membuat kita kenyang seumur hidup, namun untuk apa kita diberi nafsu makan kalau kita tidak diberi lapar. Jadi menurut saya kelaparan itu sebenarnya adalah kesalahan ‘orang-orang yang kenyang’. Orang-orang kenyang yang suka buang-buang makanan, padahal tau kalau disekitarnya banyak yang hampir mati karena kelaparan.

 (Thumbnail Source : endorphincrossfit.com)

by :

Seorang pemuda yang senantiasa membela kepentingan bangsa dan negara Indonesia di atas kepentingan pribadi dan golongan. Menulis untuk dibaca.

  • Unknown

    kak, kalau menanggulangi kelaparan, ketika kita sedang sibuk itu gimana? salahkah ketika kita lapar kita hanya minum?

    • minum adalah salah satu solusi cerdas saat lapar.. jangan takut minum saat lapar mas