Situs Purbakala Online
Dunia

Mencoba Sibuk Kembali

Hidup adalah pergerakan. Setiap gerakan menandakan kehidupan. Tanpa adanya gerak maka tidak bisa disebut hidup. Gerakan dapat menjadi aktifitas. Aktifitas dapat menumbuhkan kesibukan. Kesibukan dapat membuat hidup lebih hidup atau dapat pula membuat hidup lebih susah. Namun perlu kita sadari bahwa “hidup lebih hidup” bukan berarti tidak susah. Yang terpenting jangan buat hidup orang lain susah. Cukup buat mereka sibuk agar hidup mereka lebih hidup. Membuat orang lain sibuk juga merupakan suatu kesibukan. Dan kesibukan yang paling sibuk adalah sibuk mencari kesibukan.

Orang sering kali mengeluh saat kekurangan kesibukan. Banyak pula yang tidak kuat karena sibuk keterlaluan. Kesibukan setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang sibuk kerja. Ada yang sibuk cari kerja. Ada pula yang sudah kerja tapi tidak sibuk kerja sama sekali. Ada yang sok sibuk, ada yang pura-pura tidak sibuk padahal sedang sangat sibuk. Kesibukan setiap orang sungguh beranekaragam.

Dari berbagai macam kesibukan, mencari jati diri masih menjadi populer di tengah masyarakat. Sibuk mencari jati diri memang benar-benar menyibukan. Tidak hanya menghabiskan waktu dan tenaga, kesibukan mencari jati diri  sedikit demi sedikit berdampak pada kesibukan-kesibukan lain yang hasilnya tentu akan semakin membuat sibuk.

Jangan takut sibuk. Cobalah untuk sibuk sekali-kali. Jangan berlebihan. Dan sibuklah dengan tenang. Panik saat sibuk dapat merusak kesibukan.

by :

Seorang pemuda yang senantiasa membela kepentingan bangsa dan negara Indonesia di atas kepentingan pribadi dan golongan. Menulis untuk dibaca.