Situs Purbakala Online
Dunia

Males Dolan

Males dolan

Dolan artinya main. Kalau diberi akhiran -an maka artinya jadi bermain. Dolan atau dolanan termasuk salah satu kegiatan yang manusiawi. Semua orang pasti pernah dolan. Karena dolan dapat mengobati beberapa penyakit termasuk penyakit hati yang sulit disembuhkan.

Sekarang dolan telah menjadi sebuah aktifitas yang cukup bergengsi. Dolan bukan lagi sekedar dolan. Sekarang dolan merupakan ajang berbagi informasi. Juga sebagai sumber referensi dan interaksi antar sesama makhluk hidup. Beberapa tahun belakangan, tempat dolan yang paling diminati adalah alam. Gunung dan pantai masih menjadi favorit hingga saat ini. Terimakasih Instagram.

Meskipun begitu, tidak semua orang suka dolan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Ada yang bingung mau dolan kemana. Ada yang takut dolan. Ada yang takut ketauan dolan. Ada yang tidak tau mau dolan sama siapa. Dan ada pula yang tidak pernah diajak dolan. Beberapa contoh itulah yang dapat membuat seseorang menjadi tidak suka dolan. Apakah kamu termasuk orang yang suka dolan?

Sebenarnya dolan itu baik. Tapi kata pak Ustad, yang baik itu belum tentu benar. Kalau benar sudah pasti baik. Kalau salah sudah pasti salah walaupun baik. Jadi saya tarik kesimpulan bahwa sesungguhnya dolan itu bisa jadi salah. Bisa juga benar. Atau bisa juga dolan itu tidak baik walaupun yang tidak baik itu bisa jadi benar. Tapi kita sebagai manusia ciptaan Tuhan tidak perlu takut untuk dolan. Tidak juga perlu khawatir kalau nanti salah dolan. Yakin saja sama Tuhan biar selalu benar saat dolan.

Jangan pula terlalu sering dolan. Nanti lama-lama kita jadi males dolan. Kalau sudah males dolan kita jadi tidak kepikiran dolan-dolan. Kalau tidak dolan-dolan kita bisa jadi stres. Kalau stres kita jadi ingin dolan. Kalau dolan saat stres nanti bisa-bisa jadi salah dolan. Kalau salah dolan maka akan berpotensi salah pergaulan. Kalau sudah salah pergaulan kita jadi dolan terus. Tidak pulang-pulang. Maka dari itu berhati-hatilah saat dolan dan jangan sampai males dolan.

Mari manfaatkan weekend kita sebaik mungkin dengan dolan yang berkualitas. Yaitu dolan yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya orang tua. Dalam hal ini adalah orang tua kita dan orang tua yang kita ajak dolan. Bagi yang tidak pernah merasakan weekend, jangan berkecil hati. Dolan itu bisa kapan saja. Kapanpun kita bisa dolan. Dolan saja..

by :

Seorang pemuda yang senantiasa membela kepentingan bangsa dan negara Indonesia di atas kepentingan pribadi dan golongan. Menulis untuk dibaca.

  • Ali

    Ine, Banyumas katok cungklang gaes !!!!!!!!!!! ine anu

  • Bang Sono saya request artikel tentang ngopi dan melek malam