Situs Purbakala Online
Dunia

Hidup Sendirian

Hidup Sendirian

Siapa yang bisa hidup sendirian ? Tidak ada. Kita manusia saling membutuhkan. Makanya kita butuh teman, butuh suami, butuh istri, butuh karyawan, butuh pimpinan, butuh orang asing, butuh tamu, butuh bertamu, dan yang jelas kita semua pasti butuh bantuan. Masalahnya tidak semuanya bisa kita dapatkan. Ada yang punya banyak teman, tapi belum punya istri. Ada yang sudah punya suami tapi tidak punya teman. Ada yang punya banyak karyawan tapi tidak punya teman, istri, dan pimpinan.. hampir tidak punya apa-apa, cuma punya karyawan. Ada juga yang tidak punya bantuan. Pokoknya kalau ada orang yang bisa hidup tanpa orang lain dan tanpa bantuan orang lain, maka dia adalah golongan orang yang sakti.

Tetapi sekarang ini kita hidup pada jaman dimana seringkali terjadi sendirian bareng-bareng. Kondisi ini pasti sering kalian jumpai di berbagai kesempatan. Sendirian masal. Jadi sebenarnya manusia itu bisa hidup sendirian asalkan bareng-bareng. Kalau sendirian sendiri tanpa orang lain, bisa-bisa kita gila dibuatnya. Sangat beresiko. Jangan coba-coba sendirian saat sedang sendiri. Carilah orang yang sama-sama sendiri supaya bisa bareng-bareng sendiriannya. Biar ramai. Dengan begitu kita juga berkesempatan membantu orang lain sendirian. Dan enaknya kita tidak perlu repot-repot jadi teman, sahabat, apalagi pacar. Cukup sendirian bareng-bareng.

Yang berbahaya adalah saat sendirian bareng-bareng itu lama-lama berubah menjadi bareng-bareng tapi sendirian. Kita bisa kehilangan diri sendiri kalau seperti itu terus-terusan. Terus-terusan bareng-bareng tapi sendirian. Sendiriannya jadi tidak berkualitas lagi karena tidak bareng-bareng. Hal ini dapat mengancam kelangsungan hidup kita. Benar-benar berbahaya.

Ada orang bijak yang mengatakan bahwa manusia pada saat-saat tertentu perlu dan butuh waktu untuk benar-benar sendirian. Biar tenang katanya. Entah saat-saat tertentu apa yang dimaksud oleh orang bijak ini. Tapi saya sangat setuju. Apa yang dikatakan orang bijak itu memang benar-benar bijak. Namun jangan sampai kita sendirian terlalu lama. Nanti kita jadi lupa caranya bareng-bareng. Jangan pula terlalu lama bareng-bareng. Kalau bareng-bareng terus, kapan sendiriannya..

 

by :

Seorang pemuda yang senantiasa membela kepentingan bangsa dan negara Indonesia di atas kepentingan pribadi dan golongan. Menulis untuk dibaca.